Senin, 04 April 2011

RPP Aswaja


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Satuan Pendidikan      : MTs Ma’arif I Malangbong
Mata Pelajaran            : ASWAJA / Ke-NU-an
Kelas / Semester          : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu            : 3X40 menit ( 3xpertemuan )

Standar Kompetensi   : 1. Memahami hubungan antara NU dengan Ahlussunnah wal Jamaah.

Kompetensi Dasar       : 1.1. Mengidentifikasi Aswaja menurut rumusan NU
                                      1.2. Mendiskripsikan usaha NU dalam mempertahankan Aswaja
                                      1.3. Mendiskripsikan usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.

Indikator                     : ~ Mendefinisikan arti Aswaja
                                      ~ Mendefinisikan Aswaja menurut rumusan NU
                                      ~ Mengidentifikasi usaha-usahan NU dalam mempertahankan Aswaja
                                      ~ Mengidentifikasi usaha-usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.

A.    Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
~ Mendefinisikan arti Aswaja
      ~ Mendefinisikan Aswaja menurut rumusan NU
      ~ Mengidentifikasi usaha-usahan NU dalam mempertahankan Aswaja
      ~ Mengidentifikasi usaha-usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.

B.     Materi Pembelajaran
Nahdlatul Ulama dan Ahlussunnah Wal Jamaah

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif

D.    Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi, dengan melakukan pretest untuk mengingat kembali pelajaran kelas    tujuh yang terkait dengan kelahiran NU.

  1. Kegiatan inti
a.       EKSPLORASI
-                                        Guru menjelaskan akar kata Ahlussunnah Wal Jamaah
-                                        Siswa mencari makna Ahlun, Assunnal dan al Jamaah.
-                                        Guru mengadakan tanya jawab tentang arti Ahlun, Assunah dan al Jamaah

b.      ELABORASI
-                                        Siswa mengidentifikasi pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah
-                                        Siswa mengidentifikasi makna Assalafus Shalih
-          Siswa membedakan antara makna Assunnah Al Jamaah dengan Ahlussunah Wal Jamaah
c.       KONFIRMASI
-          Guru dengan siswa bersama-sama merumuskan pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah yang sebenarnya.
-          Guru menulis hadits Nabi tentang perpecahan umat Islam diakhir zaman.
-          Guru mengkaitkan hadis Nabi tersebut dengan Ahlussunnah Wal Jamaah.

  1. Penutup
-          Melakukan refleksi materi yang dibahas.
-          Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi, dengan melakukan pretest.

  1. Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang makna Ahlussunnah Wal Jamaah menurut rumusan jamiyah Nahdlatul Ulama.
~ Guru bertanya pada siswa tentang nama-nama madzhab empat, makna aqidah, fiqih dan tasawuf.

b.      ELABORASI
~ Guru bercerita pada siswa tentang peristiwa Imam Al Asy’ari keluar dari paham Mu’tazilah  dan kemudian merumuskan aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah.
~ Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengomentari cerita tersebut, misalnya siswa diminta untuk berpendapat alasan Imam Al Asy’ari keluar dari Mu’tazilah.
~ Guru bercerita tentang peristiwa bagaimana proses Imam Al Ghozali mengambil jalan sufistik.

c.       KONFIRMASI
~ Siswa dibantu guru merumuskan tentang makna Ahlussunnah Wal Jamaah versi NU.
~ Guru menunjukkan pada siswa  ibrah dari cerita tentang Imam Al Asy’ari dan Imam Al Ghozali.

  1. Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3
  1. Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Guru menyuruh siswa untuk berdiri semua, guru menyanyi mars Ma’arif sambil diiringi tepuk tangan siswa.

  1. Kegiatan Inti
a.       EKSPLORASI
~ Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan atau mengidentifikasi kegiatan keagamaan yang rutin diadakan ditempat tinggalnya masing-masing.
~ Jawaban siswa ditulis dipapan tulis dan menujuk salah seorang untuk membacanya dengan keras.
b.      ELABORASI
~ Siswa dengan dibantu guru menjelaskan satu persatu tentang kegiatan atau amaliyah keagamaan tersebut.
~ Guru menjelaskan reaksi ulama Pondok Pesantren terhadap upaya kelompok Pembaru untuk menghapus amaliyah keagamaan tersebut.
~ Siswa mengidentifikasi usaha-usaha yang dilakukan oleh NU dalam mengembangkan ajaran Aswaja di Indonesia, hasil identifikasi ditulis dibuku catatan
~ Menunjuk beberapa siswa untuk membaca hasil identifikasinya.

c.       KONFIRMASI
~ Guru menanggapi hasil identifikasi siswa tentang usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.
~ Guru menunjukkan landasan hukum (dalil) amaliyah-amaliyah keagamaan tersebut.
~ Guru menanamkan doktrin pada siswa tentang manfaat-manfaat dari amaliyah-amaliyah tersebut.

  1. Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.


F.     Penilaian
~ Ulangan Harian
~ Pengamatan







Mengetahui,
Kepala MTs Ma’arif I Malangbong




Atep Arasid, S. Pd
Malangbong, ………………………
Guru Mata Pelajaran




Dian Tubagusudin, S. PdI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar