RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : MTs Ma’arif I Malangbong
Mata Pelajaran : ASWAJA / Ke-NU-an
Kelas / Semester : VIII / Ganjil
Alokasi Waktu : 3X40 menit ( 3xpertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara NU dengan Ahlussunnah wal Jamaah.
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi Aswaja menurut rumusan NU
1.2. Mendiskripsikan usaha NU dalam mempertahankan Aswaja
1.3. Mendiskripsikan usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.
Indikator : ~ Mendefinisikan arti Aswaja
~ Mendefinisikan Aswaja menurut rumusan NU
~ Mengidentifikasi usaha-usahan NU dalam mempertahankan Aswaja
~ Mengidentifikasi usaha-usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.
A. Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran siswa mampu untuk :
~ Mendefinisikan arti Aswaja
~ Mendefinisikan Aswaja menurut rumusan NU
~ Mengidentifikasi usaha-usahan NU dalam mempertahankan Aswaja
~ Mengidentifikasi usaha-usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.
B. Materi Pembelajaran
Nahdlatul Ulama dan Ahlussunnah Wal Jamaah
C. Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Eksploratif
D. Strategi Pembelajaran
Pertemuan 1
- Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi, dengan melakukan pretest untuk mengingat kembali pelajaran kelas tujuh yang terkait dengan kelahiran NU.
- Kegiatan inti
a. EKSPLORASI
- Guru menjelaskan akar kata Ahlussunnah Wal Jamaah
- Siswa mencari makna Ahlun, Assunnal dan al Jamaah.
- Guru mengadakan tanya jawab tentang arti Ahlun, Assunah dan al Jamaah
b. ELABORASI
- Siswa mengidentifikasi pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah
- Siswa mengidentifikasi makna Assalafus Shalih
- Siswa membedakan antara makna Assunnah Al Jamaah dengan Ahlussunah Wal Jamaah
c. KONFIRMASI
- Guru dengan siswa bersama-sama merumuskan pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah yang sebenarnya.
- Guru menulis hadits Nabi tentang perpecahan umat Islam diakhir zaman.
- Guru mengkaitkan hadis Nabi tersebut dengan Ahlussunnah Wal Jamaah.
- Penutup
- Melakukan refleksi materi yang dibahas.
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
- Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Memberi motivasi
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Apersepsi materi, dengan melakukan pretest.
- Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Siswa menggali informasi dari sumber belajar tentang makna Ahlussunnah Wal Jamaah menurut rumusan jamiyah Nahdlatul Ulama.
~ Guru bertanya pada siswa tentang nama-nama madzhab empat, makna aqidah, fiqih dan tasawuf.
b. ELABORASI
~ Guru bercerita pada siswa tentang peristiwa Imam Al Asy’ari keluar dari paham Mu’tazilah dan kemudian merumuskan aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah.
~ Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengomentari cerita tersebut, misalnya siswa diminta untuk berpendapat alasan Imam Al Asy’ari keluar dari Mu’tazilah.
~ Guru bercerita tentang peristiwa bagaimana proses Imam Al Ghozali mengambil jalan sufistik.
c. KONFIRMASI
~ Siswa dibantu guru merumuskan tentang makna Ahlussunnah Wal Jamaah versi NU.
~ Guru menunjukkan pada siswa ibrah dari cerita tentang Imam Al Asy’ari dan Imam Al Ghozali.
- Penutup
~ Melakukan refleksi materi yang dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3
- Pendahuluan
~ Mengawali pembelajaran dengan do’a bersama
~ Mengabsen kehadiran siswa
~ Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas
~ Guru menyuruh siswa untuk berdiri semua, guru menyanyi mars Ma’arif sambil diiringi tepuk tangan siswa.
- Kegiatan Inti
a. EKSPLORASI
~ Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan atau mengidentifikasi kegiatan keagamaan yang rutin diadakan ditempat tinggalnya masing-masing.
~ Jawaban siswa ditulis dipapan tulis dan menujuk salah seorang untuk membacanya dengan keras.
b. ELABORASI
~ Siswa dengan dibantu guru menjelaskan satu persatu tentang kegiatan atau amaliyah keagamaan tersebut.
~ Guru menjelaskan reaksi ulama Pondok Pesantren terhadap upaya kelompok Pembaru untuk menghapus amaliyah keagamaan tersebut.
~ Siswa mengidentifikasi usaha-usaha yang dilakukan oleh NU dalam mengembangkan ajaran Aswaja di Indonesia, hasil identifikasi ditulis dibuku catatan
~ Menunjuk beberapa siswa untuk membaca hasil identifikasinya.
c. KONFIRMASI
~ Guru menanggapi hasil identifikasi siswa tentang usaha NU dalam mengembangkan Aswaja.
~ Guru menunjukkan landasan hukum (dalil) amaliyah-amaliyah keagamaan tersebut.
~ Guru menanamkan doktrin pada siswa tentang manfaat-manfaat dari amaliyah-amaliyah tersebut.
- Penutup.
~ Melakukan refleksi materi yang dibahas.
~ Guru menyampaikan rencana ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber dan Alat Pembelajaran
~ Buku paket Aswaja
~ Buku Khithah Nahdhiyah
~ Buku Khujjah NU, aqidah amaliyah dan tradisi.
~ Buku Tahlil dalam prespektif Al Qur’an dan As Sunnah
~ Buku NU dan Islam di Indonesia, tinjauan fiqih dalam politik.
F. Penilaian
~ Ulangan Harian
~ Pengamatan
Mengetahui, Kepala MTs Ma’arif I Malangbong Atep Arasid, S. Pd | Malangbong, ……………………… Guru Mata Pelajaran Dian Tubagusudin, S. PdI |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar